FAKIR MISKIN DAN ‘UZUR GAMPONG LAMLAGANG TERIMA PENYALURAN ZAKAT DARI BAITUL MAL KOTA BANDA ACEH

Share

Alhamdulillah sebanyak sebanyak 77 orang warga Gampong Lamlagang yang termasuk golongan Fakir, Miskin dan fakir ‘Uzur pada tahun ini kembali menerima Penyaluran Zakat Konsumtif oleh Baitul Mal Kota Banda Aceh. 19/04/2020

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini Baitul Mal Kota Banda menyalurkan zakat lebih awal dari kebiasaanya yaitu jika tahun sebelumnya penyaluran zakat dilaksanakan pada pertengahan Ramadhan, maka pada tahun ini zakat disalurkan sebelum Ramadhan. Hal ini dilakukan karena mengingat sulitnya warga mencari rezeki dan kebutuhan warga yang semakin mendesak ditengah maraknya penyebaran wabah Coronavirus (COVID-19).

Perwakilan Babin Kamtibnas Banda Raya Menyerahkan Zakat Baitul Mal kepada yang berhak menerima

Sebanyak 77 Orang warga Gampong Lamlagang yang menerima manfaat pembagian Zakat Konsumtif dari Baitul Mal Kota Banda Aceh terdiri dari 28 Orang Senif Fakir, 42 orang Senif Miskin dan 10 Orang Senif Fakir ‘Uzur. Adapun masing-masing senif tersebut menerima Zakat Konsumtif berupa uang tunai selma setahun sekali sebesar Rp.800.000,- untuk Senif Fakir, Rp.600.000,- untuk senif Miskin serta Rp.400.000,- untuk Senif Fakir ‘uzur yang diberikan selama 3 bulan sekali (triwulan).

Jika pada tahun-tahun sebelumnya pembagian zakat Baitul Mal dilaksanakan di kantor Walikota Banda Aceh, maka ditengah marak penyebaran coronavirus (Covid-19) ini pembagian zakat dialihkan di gampong masing-masing yaitu untuk gampong lamlagang pembagian zakat dilakukan di kantor Keuchik dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (physical distancing) Jaga jarak serta menggunakan Masker.

Selain di kantor Keuchik, Tim Baitul Mal Kota Banda Aceh turut turun langsung ke rumah-rumah warga yang tergolong Fakir ‘Uzur untuk menyerahkan Zakat.

Penyerahan Zakat Konsumtif untuk Senif Fakir ‘Uzur
Penyerahan Zakat Konsumtif untuk Senif Fakir ‘Uzur

Akhir kata, Pak Mahfud SE selaku Koordinator Baitul Mal Banda Raya menyampaikan pesan kepada seluruh penerima Zakat agar dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya karena ini uang zakat dari muzakki, jadi diharapkan dapat digunakan sesuai dengan peruntukannya (jangan disia-siakan. Jangan lupa berdoa bagi muzakki (yang telah membayar zakat) serta diharapkan ada mustahik (penerima zakat) pada tahun ini kehidupannya sosial dan taraf ekonominya semakin baik sehingga ditahun depannya ada mustahik yang menjadi muzakki. Amin. (frqn-kaur_umum)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.